Tesis

Kadar Antioksidan dan Parameter Biokimia Hati dalam Darah sebagai Faktor Prognostik Kolestasis Terkait Sepsis Neonatorum dengan Kolestasis Terkait Sepsis Neonatorium dengan Proven Sepsis = ANTIOXIDANT LEVELS AND BIOCHEMICAL LIVER PARAMETERS IN THE BLOOD AS A PROGNOSTIC FACTOR OF NEONATAL SEPSIS-ASSOCIATED CHOLESTASIS WITH PROVEN SEPSIS.

Latar Belakang : Sepsis adalah penyebab utama kematian pasien dengan penyakit kritis. Uji fungsi hati memiliki nilai prognostik untuk menentukan terjadinya kolestasis terkait sepsis (KTS). Antioksidan diduga berpengaruh dalam KTS sehingga perlu dibuktikan.
Tujuan : Mengetahui gambaran umum penderita KTS neonatorum di Departemen IKA FKUI-RSCM. Mengetahui apakah antioksidan (seng, vitamin A dan vitamin D) dan nilai parameter biokimia hati (bilirubin, AST, ALT dan GGT) memiliki nilai prognostik untuk luaran (baik dan buruk) pada KTS.
Metode: Penelitian uji prognostik dengan metode kohort prospektif periode Desember 2011-Desember 2012. Subjek penelitian kali ini adalah neonatus cukup bulan usia 028 hari atau kurang bulan sampai 42 minggu usia koreksi. Data dilakukan tabulasi untuk melihat karakteristik dan distribusi data kadar antioksidan dan parameter biokimia hati. Analisis statistik menggunakan analisis bivariat (uji Kai kuardat atau Fisher) dan multivariat (uji regresi logistik).
Hasil : Penelitian sejak Desember 2011-Desember 2012 terdapat 1052 neonatus, 332 tersangka sepsis, 225 proven sepsis. Penelitian dilakukan pada 80 subjek (50 KTS dan 30 sepsis tanpa kolestasis). Sebagian besar subjek lelaki (61%), berat lahir

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2014
Pengarang

Winda Setyawati - Nama Orang
Hanifah Oswari - Nama Orang
Idham Amir - Nama Orang

No. Panggil
T14004fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Kesehatan Anak.,
Deskripsi Fisik
xvi, 59 hal., lamp. 4
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T14004fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T14004fkT14004fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Kadar Antioksidan dan Parameter Biokimia Hati dalam Darah sebagai Faktor Prognostik Kolestasis Terkait Sepsis Neonatorum dengan Kolestasis Terkait Sepsis Neonatorium dengan Proven Sepsis   = ANTIOXIDANT LEVELS AND BIOCHEMICAL LIVER PARAMETERS IN THE BLOOD AS A PROGNOSTIC FACTOR OF NEONATAL SEPSIS-ASSOCIATED CHOLESTASIS WITH PROVEN SEPSIS.

Related Collection